Tuesday, April 30, 2013

Dasar-dasar evaluasi rencana investasi


Investasi dapat diartikan sebagai suatu penggunaan sumber daya atau suatu pengeluaran yang akan meningkatkan aktiva bagi perusahaan. Keputusan berkenaan dengan suatu rencana investasi haruslah mencerminkan keputusan yang rasional, sehingga diperlukan suatu cara analisis yang sistematik & dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
Suatu keputusan ekonomi yang berhasil pada dasarnya akan ditentukan oleh : pernyataan yang logis tentang tujuan yang harus dicapai dan relevansi kriteria yang digunakan untuk membandingkan setiap alternatif dalam pencapaian tujuannya. 

Berdasarkan motifnya, organisasi dibagi menjadi 2 (dua), yaitu : 
organisasi yang berorientasi pada keuntungan

Organisasi yang berorientasi pada keuntungan pada dasarnya bertujuan untuk memaksimumkan keuntungan
·         organisasi yang berorientasi bukan pada keuntungan
Organisasi yang berorientasi bukan pada keuntungan mempunyai tujuan yang bersifat tidak nyata (intangible) 

Dalam melakukan analisis suatu rencana investasi, pembandingan alternatif rencana investasi dapat dilakukan antara lain dengan metode :
  •   Analisis nilai sekarang
  •   Analisis nilai tahunan
  •  Analisis laju pengembaliaN
  •  Analisis rasio manfaat-biaya
  •  Analisis periode pengembalian
Aliran dana disusun dengan mempertimbangkan elemen pemasukan tunai (cash income) dan elemen biaya tunai (cash cost) pada setiap periode selama umur investasi tersebut. 

Biaya tunai yang dimaksud adalah meliputi semua transaksi baik berupa biaya yang dikeluarkan secara tunai maupun pengeluaran tunai dalam bentuk investasi. Pemasukan tunai adalah semua pendapatan yang dihasilkan & dikumpulkan secara tunai atau pendapatan yang meningkatkan rekening tagihan (accont receivable).


No comments:

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..