Konstruksi sebuah
motor kapasitor mirip dengan motor fasa belah, hanya pada jenis kapasitor ini
di tambah satu unit kapasitor. Motor kapasitor bekerja untuk tegangan AC satu
fasa dan umumnya banyak digunakan untuk pompa air, refrigerator, compressor
udara, mesin cuci dan lainnya. Tempat kedudukan kapasitor pada motor terletak
pada bagian atas motor ada juga yang di dalam kerangka motor itu sendiri.
Kapasitor ini berfungsi untuk mempertinggi kopel awal dan mengurangi arus start
pada motor kapasitor dan geseran fasa antara belitan utama dan bantu lebih
dipertajam.
Jenis kapasitor yang banyak digunakan pada jenis motor kapasitor
ini antara lain:
· Kapasitor kertas (The Paper Capacitor)
· Kapasitor minyak (The oil Capacitor)
· Kapasitor elektrolit (The electrolytic
Capacitor)
Umumnya kapasitas dari kapasitor ini antara 6 mikroF – 150 mikroF. Menurut hubungan kapasitornya jenis motor kapasitor dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu:
· Motor kapasitor start (starting capacitor
motor)
· Motor kapasitor tetap/ running (permanent
capacitor motor)
· Motor kapasitor start/ running (start-running
capacitor motor)
1) Motor kapasitor start (starting capacitor motor)
Motor ini adalah merupakan jelmaan dari motor fasa belah, tetapi
mempunyai kapasitor yang dihubungkan seri dengan belitan bantu dan sakelar
sentrifugal, secara konstruktif sama persis, hanya ditambah satu unit kapasitor
untuk memperbesar kopel awal (start). Seperti dikatakan di awal prinsip
kerja motor kapasitor start ini sama seperti motor induksi, yaitu jika pada
lilitan utama diberikan sumber arus maka akan terjadi medan magnit putar (fluks
magnit) yang ada dan besarnya sama, tidak ada resultan gaya. Tetapi dengan
adanya lilitan bantu dan kapasitor maka ada beda fasa diantara keduanya,
disinilah terjadi fluksi magnit dan resultan gaya yang berbeda maju atau mundur
tergantung besarnya resultan gaya itu sendiri dan pada umumnya terjadi resultan
gaya searah jarum jam sehingga motor dapat berputar ke kanan. Setelah motor berputar
75% dari putaran nominal maka sakelar sentrifugal bekerja memutuskan rangkaian
lilitan bantu dan motor bekerja hanya dengan lilitan utama.
Keuntungan motor jenis ini dibanding dengan type motor fasa
belah adalah:
· Mempunyai kopel yang lebih kuat.
· Faktor kerjanya lebih besar (mendekati 1)
Adapun bagian-bagian yang terpenting dari motor ini adalah:
· Stator (tempat belitan utama dan bantu) pada
alur-alur stator
· Rotor sangkar dengan porosnya
· Bantalan peluruh (laher)
· Tutup stator dan rangka body
· Kapasitor
· Ujung-ujung terminal motor
2) Motor kapasitor tetap/running (permanent capacitor motor)
Motor ini mempunyai kapasitor yang dihubungkan seri dengan
kumparan bantu, terhubung paralel dengan kumparan utama dan terhubung langsung
paralel dengan sumber listrik. Belitan utama, lilitan bantu dan kapasitor tetap
terhubung pada sirkuit jala-jala saat motor bekerja.
Jenis motor ini banyak digunakan pada pompa air satu fasa,
dimana lilitan utama dan bantu jumlah lilitannya sama banyak tetapi diameter
kawatnya berbeda diantara keduanya. Diameter kawat lilitan utama lebih besar
dibanding diameter lilitan bantunya. Type motor ini kopel awalnya kurang bagus,
tetapi kopel jalan (torsi jalan) merata. Kebanyakan pompa air berbagai
merek banyak menggunakan jenis motor running kapasitor dengan kecepatan
mendekati 3000 rpm.
3) Motor kapasitor start/ running (start-running capacitor motor)
Jenis motor ini adalah perpaduan antara motor start kapasitor
dan running kapasitor, dimana tujuan dibuatnya double kapasitor adalah untuk
memperioleh kopel awal yang lebih besar dan kopel jalan yang merata. Jenis
motor ini banyak digunakan pada room air conditioner.
(sumber Modul MPTL.HAR.026(1)
+ comments + 6 comments
Selamat pagi. Saya ingin bertanya apakah ada karakteristik secara keseluruhan dari motor capasitor?
Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Teori Dasar Motor Kapasitor, Motor AC 1 FasaMoto capasitor ade berape jenis dan nyatakan setiap findings
Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Teori Dasar Motor Kapasitor, Motor AC 1 FasaFungsi
Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Teori Dasar Motor Kapasitor, Motor AC 1 FasaGgwp bow
Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Teori Dasar Motor Kapasitor, Motor AC 1 Fasanice information min
Terimakasih Shikamaru Nara atas Komentarnya di Teori Dasar Motor Kapasitor, Motor AC 1 Fasalampu service hp
Bct asw
Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Teori Dasar Motor Kapasitor, Motor AC 1 FasaPost a Comment
Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.
Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..