Mastura Azzura Kapasitor Bank = Menghemat Listrik ~ Dunia Elektro

Tuesday, April 30, 2013

Kapasitor Bank = Menghemat Listrik

Posted by Aim on 8:55 AM with No comments

Berdasarkan cara kerjanya dapat dibedakan jadi 2 :

  • Jenis tetap (fixed), dengan memberikan beban kapasitif yang tetap meskipun terdapat perubahan beban. umumnya jenis ini dipakai pada beban langsung seperti halnya pada motor induksi. Nilai yang aman adalah sekitar 5% dari kapasitas motor, pertimbangannya yaitu kondisi saat tanpa beban.
  • Jenis otomatis (automatic), memberikan beban kapasitif yang beragam sesuai dengan kondisi beban. type panel ini dilengkapi dengan sebuah power factor controller ( pfc ). Pfc akan menjaga cos phi jaringan sesuai dengan target yang ditetapkan. Untuk beban yang fluktuatif secara cepat, dipakai static var compensator type ( svc ) yang memakai thyristor sebagai switchernya. Sedangkan untuk fluktuasi beban yang tidak terlampau cepat dipakai dynamic var compensator yang menggunakan magnetic contactor dan pfc relay sebagi switchernya.

Banyak cara untuk menghemat penggunaan listrik, salah satu contoh yakni penggunaan rangkaian lampu hemat daya, memakai inverator, hingga mematikan listrik di rumah dan hanya menerangi dengan rangkaian emergency LED. Namun tetap saja mesti biaya yang banyak untuk bayar listrik. Namun ada cara lain yang bisa meringankan beban tagihan listrik di rumah, yakni dengan memasang kapasitor bank pada instalasi listrik di rumah anda.

Kapasitor bank berfungsi untuk mengurangi beban induktif dari peralatan-peralatan yang memakai kumparan, contohnya lampu neon, pompa air, motor listrik, mesin cuci dan lain sebagainya.
Fungsi utama kapasitor bank yaitu :

  1. Menghilngkan denda atau kelebihan biaya ( kvarh )
  2. Menghindari kelebihan beban pada transformer
  3. Memberikan tambahan daya yang tersedia
  4. Menghindari kenaikan arus atau suhu pada kabel
  5. Memaksimalkan penggunaan daya ( kva )
  6. Menghemat daya atau efesiensi
  7. Menghindari drop line voltage
  8. Mengawetkan pemakaian instalasi dan peralatan listrik
  9. Mengurangi kerugian yang lainnya pada instalasi listrik

Nah, untuk membuat kapasitor bank tidaklah sulit, cukup beli sebuah atau beberapa kapasitor ac tegangan tinggi, umumnya 400volt, kemudian pasang secara paralel pada instalasi listrik anda ( seperti memasang lampu )

Merek kapasitor yang direkomendasikan anatara lain:
  • shizuki,
  • epcos siemen,
  • merlin gerin/schneider,
  • nokian,
  •  vishay,
  •  circutor,

Semoga bermanfaat..


Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..