Mastura Azzura Cara Membongkar Casing Charger Laptop ~ Dunia Elektro

Monday, July 1, 2013

Cara Membongkar Casing Charger Laptop

Posted by Aim on 12:03 PM with 3 comments



Sebelum nya cara ini hanya dikhususkan buat anda yang ada nyali dan keinginan untuk hal bongkar membongkar. Disini, kita akan mencoba membongkar box charget laptop. Hal yang utama yang menjadi masalahnya adalah bagaimana kita membuka box charger nya. Umum nya, box nya tidak menggunakan baut tapi direkat menggunakan lem yang sangat kita, entah lem jenis apa saya kurang tau dan jika anda memaksa untuk mencongkel-congkel menggunakan pakai pisau atau obeng, atau yang paling sadis adalah mengunakan gergaji, kan sayang box nya nanti bisa rusak.
Umum nya kerusakan charger laptop itu berada pada kabel penghubung atau jack nya, karena jarang ada komponen tertentu yang rusak. Jika cuma kabel sih, anak kecil juga bisa memperbaikinya..
Tapi saya sarankan, sebelum membongkar ada baiknya test dulu untuk memastikan konektifitas kabel dengan avometer. Gunakan skala 100 ohm atau beberapa kilo ohm. Tempelkan probe avometer pada kedua kutub colokan listrik. Jika jarum avometer tidak bergerak , coba balik minus plus probe avometer dari posisi semula. Jika jarum avomete tidak bergerak juga, maka kecurigaan kita pada kerusakan kabel bisa dibilang sudah 85%. 

Mari kita bongkar dan perbaiki ..!!!

Pertama-tama, siapin alat dan bahan nya

  • Charger rusak
  • Minyak kayu putih
  • Obeng minus atau pisau
  • Segelas susu hangat dan cemilan 
  • Niat kuat untuk berhasil.


Cara nya:
  1. Lumuri persambungan casing dengan minyak kayu pitih. Sebagian sumber lain menyarankan menggunakan pelumas baik bensin atau minyak tanah. Tapi saran saya, lebih baik menggunakan minyak kayu putih, karena sudah saya buktikan sendiri.
  2. Sejenak menunggu sambil ngemil. Proses nya ini agak lama juga sich. Tapi ingat susu nya jangan diminum dulu. #jadi susu nya untuk apa??  Ada nanti gunanya kalau kerjaan dah kelar, baru boleh minum.
  3. Setelah bosan menunggu lama dan cemilan sudah mulau habis, anda sudah bisa memulai perlahan demi perlahan menyungkit celah yang anda lumuri tadi. Ingat, pelan-pelan saja. Sayang casing nya kalau cacat. Jangan keburu esmosis..
  4. Jika terasa sudah agak longgar ungkit dengan ujung obeng minus secara keseluruhan keliling box.
  5. Jika sudah terbuka, ya sudah. Tugas anda berhasil dan silahkan perbaiki yang mau diperbaiki.
Demikian sedikit tips aneh tapi mujarab
#susu nya jadi diapain??

Oia, susu nya buat jaga-jaga aja kalau nanti kesetrum jika salah pegang waktu diuji coba. Walaupun cuma charger, tapi sakit juga setrumannya. Saran saya hati-hati dengan box yang telanjang karen walaupun sudah dilepas dari sumber tegangan, tapi charger nya masih nyimpan arus yang cukup untuk membuat kita mengejang..
so hati-hati..

Jika sudah terlanjur kesetrum, baru lah susu nya diminum. Entah kenapa harus mimum susu kalau dah kesengat listrik, saya juga kurang tau.
Itu anjuran salah seorang anggota PLN yang dibertahukan pada saya.

+ comments + 3 comments

February 6, 2019 at 11:07 PM

makasih banyak ilmunya gan
solder uap

Terimakasih LOVELYZ TRILOGY atas Komentarnya di Cara Membongkar Casing Charger Laptop
April 1, 2020 at 8:48 AM

Ngakak ane kesetrum 2x...

Terimakasih Eurofighter Typhoon atas Komentarnya di Cara Membongkar Casing Charger Laptop
April 1, 2020 at 8:49 AM

Terimakasih ilmunya gan

Terimakasih Eurofighter Typhoon atas Komentarnya di Cara Membongkar Casing Charger Laptop

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..