Mastura Azzura Pengukuran Dengan Perubahan Arus Gangguan ~ Dunia Elektro

Monday, June 10, 2013

Pengukuran Dengan Perubahan Arus Gangguan

Posted by Aim on 4:01 AM with No comments
Nilai tegangan yang dialirkan ke elektroda batang dibuat bervariasi dengan maksud agar diperoleh data nilai tegangan permukaan untuk berbagai arus gangguan tanah yang berbeda-beda. Perubahan nilai tegangan keluaran regulator diatur dari 40 -240 Volt, dengan setiap kenaikannya sebesar 40 Volt. Pengukuran tegangan permukaan dilakukan mulai jarak 0 – 4,0 m, dengan variasi perubahannya 0,2 m. 

Titik-titik di tanah yang akan diukur tegangan permukaan tanahnya ditanami paku dengan kedalaman 10 Cm agar pengukurannya menjadi lebih mudah. Disamping nilai tegangan permukaan tanah, data pengukuran lain yang diambil ialah besarnya tegangan masukan (Vin) dan arus (I). Hal yang sama dilakukan untuk berbagai jenis tanah dengan kedalaman 0,5 m dan 1,0 m. 

Dari hasil pengukuran yang dilakukan diperoleh bahwa kenaikan nilai arus gangguan tidak menjamin tingginya nilai tegangan permukaan. Karena nilai tegangan permukaan sangat tergantung pada jenis tanah dimana panjang dan kedalaman pembenaman elektroda batang.


Gambar: Pemasangan Earthing Meter Pada Saat Pengukuran


Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..