Mastura Azzura Pengukuran Dengan Perubahan Jarak Pengukuran ~ Dunia Elektro

Monday, June 10, 2013


Struktur fisik elektroda berpengaruh besar terhadap besarnya tahanan sistem pentanahan. Pembahasan berikut akan memperjelas bahwa selain tahanan jenis tanah, perubahan jarak pengukuran dari elektroda pentanahan juga merupakan faktor dominan dalam sistem pentanahan. Gambar grafik di bawah menunjukkan pengaruh perubahan radius elektroda batang terhadap resistan pentanahan. Penambahan radius relatif berpengaruh besar terhadap jenis tanah dengan tahanan jenis tinggi, pada jenis tanah dengan tahanan jenis rendah perubahan radius elektroda batang (rod) relatif tidak berpengaruh.

Gambar: Grafik Pengaruh Diameter Elektroda Terhadap Resistansi Pentanahan


Nilai tegangan yang dilewatkan pada elektroda diusahakan tetap yakni 220 Volt dengan arah pengukuran dibuat bervariasi. Tujuannya agar diperoleh data distribusi tegangan permukaan disekitar batang elektroda pentanahan dengan beberapa arah pengujian. Pelaksanaan pengukuran tegangan permukaan tanah dilakukan mulai jarak terdekat 0– 4m, dengan variasi jaraknya setiap 0,2 m.

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..