Mastura Azzura Pengukuran dengan Perubahan Kedalaman Elektroda Batang ~ Dunia Elektro

Monday, June 10, 2013

Pengaruh kedalaman elektroda batang (vertical rod) terhadap tahanan pentanahan diilustrasikan gambar grafik 1, untuk kondisi tanah uniform, sedangkan untuk kondisi tanah nonuniform diilustrasikan gambar grafik 2.
Gambar: Grafik 1 Pengaruh Kedalaman Elektroda Pada Kondisi Tanah Seragam


Gambar:  Grafik 2 Pengaruh Kedalaman Elektroda Pada Kondisi Tanah Tak Seragam

 
Kedalaman elektroda pentanahan adalah faktor penting dalam sistem pentanahan. Semakin dalam elektroda dipasang resistansi pentanahan semakin turun, hal ini disebabkan semakin dalam elektroda dipasang kelayakan kualitas secara elektris semakin baik diperoleh. 

Panjang elektroda yang dipasang sedapat mungkin dekat dengan daerah embunan permanen tanah. Kegagalan mencapai embunan tidak hanya menyebabkan resistansi yang tinggi, tetapi juga menyebabkan variasi-variasi tahanan pentanahan yang cukup kompleks selama perubahan musim. 

Resistivitas tanah jarang dijumpai memiliki nilai yang sama atau seragam, biasanya beberapa titik pertama dari kedalaman yang dekat permukaan mempunyai resistansi yang relatif tinggi dan merupakan pokok persoalan untuk mengganti pembahasan dan pengeringan karena variasi curah hujan, sedangkan tanah yang lebih dalam relatif lebih stabil.

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..