Mesin jet adalah
sebuah jenis mesin pembakaran dalam menghirup udara yang sering digunakan dalam
pesawat. Prinsip seluruh mesin jet pada dasarnya sama;
"mempercepat massa
(udara dan hasil pembakaran) ke satu arah dan dari hukum gerak Newton ketiga mesin
akan mengalami dorongan ke arah yang berlawanan".
Yang termasuk mesin jet antara
lain turbojet, turbofan, rocket, ramjet, dan pump-jet.
Mesin ini
menyedot udara dari depan dan mengkompresinya. Udara digabungkan dengan bahan
bakar, dan dibakar. Pembakaran menambah banyak peningkatan energi dari gas yang
kemudian dibuang ke belakang mesin. Proses ini mirip dengan siklus empat-gerak,
dengan induksi, kompresi, penyalaan, dan pembuangan terjadi secara
berkelanjutan. Mesin menghasilkan dorongan karena percepatan udara yang
melaluinya, gaya yang sama dan berlawanan yang dihasilkan adalah dorongan bagi
mesin.
Mesin jet
mengambil massa udara yang relatif sedikit dan mempercepatnya dengan jumlah
yang besar, di mana sebuah pendorong mengambil massa udara secara besar dan
mempercepatnya dalam jumlah kecil. Pembuangan kecepatan tinggi dari mesin jet
membuatnya efisien pada kecepatan tinggi (terutama kecepatan supersonik) dan
ketinggian tinggi. Pada pesawat pelan dan yang membutuhkan jarak terbang
pendek, pendorong yang menggunakan turbin gas, yang umumnya dikenal sebagai
turboprop, lebih umum dan lebih efisien. Pesawat sangat kecil biasanya
menggunakan mesin piston untuk menjalankan pendorong tetap turboprop kecil
semakin lama semakin kecil dengan berkembangnya teknologi teknik.
Efisiensi
pembakaran sebuah mesin jet, seperti mesin pembakaran dalam lainnya,
dipengaruhi besar oleh rasio volume udara yang dikompresi dengan volume
pembuangan. Dalam mesin turbin kompresi udara dan bentuk “duct” yang melewati
ruang pembakaran mencegah aliran balik dari situ dan membuat pembakaran
berkelanjutan dimungkinkan dan proses pendorongan.
Mesin turbojet
modern modular dalam konsep dan rancangan. Inti penghasilan-tenaga utama, sama
dalam seluruh mesin jet, disebut sebagai generator gas. Dan juga modul tambahan
lainnya seperti gearset pengurang dorongan (turboprop/turboshaft), kipas lewat,
dan “afterburner”. Jenis alat tambahan dipasang berdasarkan penggunaan pesawat.
Sejarah
pengembangan mesin jet
Mesin jet
sebenarnya diawali ketika seorang insinyur Perancis, Rene Lorin pertama kali
mengajukan paten bagi mesin propulsi jetnya pada tahun 1913. Mesin yang
dipatenkan adalah mesin athodyd (aero-thermodynamic-duct) yang tidak memiliki
bagian berputar atau lebih populer dengan sebutan mesin pulse jet. Mesin tipe
inilah yang kemudian dikembang dan dijadikan mesin tenaga utama pendorong bom
terbang Jerman, V-1 yang dipakai untuk mengebom Inggris.
Sayangnya konsep
mesin Lorin kurang cocok bagi pesawat berpropulsi jet karena tidak efisien
dalam kecepatan rendah. Sementara pada zaman Lorin, belum memungkinkan membuat
mesin semacam itu. Lagipula, belum diperkenalkan bahan tahan panas yang dibuat
dan dikembangkan. Mesin type Lorin ini memiliki konsep yang serupa dengan mesin
ramjet yang kemudian diperkenalkan.
Selanjutnya,
seorang perwira Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force/RAF), Frank
Whittle kemudian seorang mahasiswa aerodinamika Universitas Gottingen, Hans von
Ohain (Jerman) serta insinyur Italia, Secondo Campini mengembangkan mesin jet
yang kemudian prinsip dan konsepnya dikenal pada masa-masa sekarang yakni
menggunakan komponen-komponen berputar seperti kompresor dan turbin.
Sejarah mencatat
bahwa Frank Whittle mengajukan paten pada tahun 1930 namun awalnya kurang
mendapat perhatian dari Kementerian Udara Inggris. Akibatnya, penemuan Whittle
tidak menjadi rahasia militer dan detaik konsep mesin jetnya bocor serta dimuat
di berbagai jurnal ilmiah dan teknologi 1,5 tahun kemudian. Namun atas jasa
mantan rekannya di RAFserta pembiayaan untuk pengembangan dari O.T. Falk &
Partners Ltd. maka Whittle membentuk perusahaan Power Jets yang akhirnya
berhasil mengembangkan mesin jet dan mendapat kontrak di Angkatan Udara
Inggris. Mesinnya berupa type W-1X yang kemudian ditahun 1942 diminta
lisensinya oleh Amerika Serikat.
Mesin type W-1X
inilah diujicoba pertama kali pada bulan Desember 1940 kemudian dimodifikasi
dan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai tenaga dalam pesawat udara.
Pesawat bermesin jet Inggris pertama kali diterbangkan oleh pilot uji Gerry
Sayer pada tanggal 15 Mei 1941 dengan pesawat Gloster E.28/39.
Secondo Campini
dari Italia membuat mesin jet pada tahun 1933 dan bergabung dengan perancang
pesawat Giavasi Caproni membuat pesawat CC-2 bermesin jet yang terbang perdana
pada tanggal 27 Agustus 1940. Media massa Italia mencatatnya sebagai pesawat
terbang jet pertama di dunia.
Hans von Ohain
mendaftarkan paten rancangan mesin jetnya pada tahun 1935. Meski kemudian
mesinnya dianggap serupa dengan konsep Whittle, namun terdapat banyak detil
perbedaan dalam mesin rancangannya. Kemudian salah seorang profesornya yang
kenal Ernst Heinkel, pemilik perusahaan industri pesawat Heinkel meminta agar
Hans von Ohain dilibatkan dalam proyek membuat mesin pesawat. Pada bulan Maret
1937, sebuah mesin berdaya dorong 550 pon berhasil dibuatnya, kemudian mesin
berdaya dorong 1.980 pon yang kemudian dianggap kurang berhasil serta mesin
berdaya dorong 1.100 pon yang penuh modifikasi yang kemudian dibuat untuk
pesawat Heinkel He. 178 yakni mesin turbojet HeS-3b.
Pada tanggal 27 Agustus
1939, pesawat Heinkel He-178 kemudian sukses melakukan terbang perdananya di
landasan Marienehe dengan pilot uji Luftwaffe (AU Jerman), Eric Warsitz.
Pengembangan mesin dan pesawat jet yang pertama di dunia ini dirahasiakan oleh
Nazi guna kepentingan militernya. Lima hari kemudian pada tanggal 1 September
1939, tentara Hitler menyerang Polandia yang menjadi awal Perang Dunia II.
Kerahasiaan inilah yang membuat pandangan umum di dunia bahwa Italia dan
Inggris sebagai perintis dalam teknologi mesin jet.
Di Asia, Jepang
mulai melirik mesin jet untuk kepentingan penerbangan terutama militernya pada
tahun 1937 saat Jepang membeli mesin Brown-Boveri yang dilengkapi turbocharger
dari Swiss. Dari dasar inilah, tidak mengeherankan setelah mendapatkan dari
sekutunya, Jerman berupa rancangan pesawat tempur Messerschmicht Me-262, Jepang
mengembangkan mesin jet Ne-20 untuk mentenagai pesawat jet tempur pertamanya
Kikka, yang mirip dengan jet tempur Jerman tersebut.
Sementara
Rusia/Uni Soviet disebut-sebut mendapatkan teknologi mesin jet setelah pesawat
tempur jet Jerman jatuh ketangannya, serta bantuan dari Inggris berupa mesin
jet Rolls-Royce Nene. Mesin inilah yang dikembangkan Uni Soviet yang kemudian
digunakan dalam pesawat tempur jet MiG-15 Fagot yang dipakai dalam Perang Korea
yang berkemampuan cukup mematikan.
Amerika Serikat
mendapatkan paten/lisensi mesin jet dari Inggris rancangan Frank Whittle, W-1X.
Hal ini tidak terlepas dari peran Mayor Jenderal H.H. Arnold, Deputy
Chief-of-Staff for Air yang dikemudian memegang pimpinan US Army Air Forces
dalam Perang Dunia II, juga dikenal sebagai Bapak dari United States Air Force
(USAF) yang saat itu diundang oleh Kementrian Udara Inggris dalam penerbangan
perdana pesawat mesin jet-nya. Jendral Arnold kemudian mendesak pemerintah
segera mempercepat Amerika Serikat untuk memasuki abad jet, tanpa ragu kemudian
ia menunjuk pabrik General Elecric (GE) untuk melakukan riset teknologinya,
mengingat GE dalam riset teknologi turbin dan pengalaman pada 1917-1941 dengan
turbo-supercharger. Sementara pabrik mesin lainnya, Pratt & Whitney] dan
Wright tatakala itu sudah terlalu padat dengan kontrak militer sehingga tidak
dilibatkan. Program ini sangat rahasia dan bahkan rancangan dokumen tersebut
diserahkan Arnold kepada Wakil Presiden GE, R.C. Muir dalam suatu rapat
rahasia.
Berdasarkan
rancangan mesin type W-1X inilah, AS mengembangkan mesin Type I-A yang disebut
dengan sebutan kamuflase Type I (eye) supercharger components. Semua orang di
GE hanya mengetahui pabriknya sedang membuat turbosupercharger raksasa yang
lebih kuat. Mesin jet pertama Amerika ini diujicoba pertama kali pada 18 Maret
1942 namun mengecewakan. GE kemudian mengadakan perbaikan dan modifikasi
sehingga sebulan kemudian, 1 April 1942, mesin ini diujicoba dengan memuaskan.
Kerahasiaan
proyek Type I-A menyentuh Frank Whittle yang kemudian tiba di Amerika Serikat
pada Juni 1942 guna memberi nasehat dan saran sebelum mesin dipasang pada
pesawat jet pertama AS, Bell XP-49A. Pesawat ini kemudian diujiterbangkan
pertama kali pada tanggal 2 Oktober 1942 diatas Muroc Dry Lake, California yang
kemudian dikenal sebagai Edwards Air Force Base. Namun karena proyek ini adalah
proyek rahasia, pesawat Bell XP-59A ini kemudian diberi propeler atau
baling-baling tipuan (dummy) pada hidung pesawat sehingga banyak yang menyangka
pesawat ini adalah pesawat bermesin tunggal konvensional.
Sumber :
Wikipedia
+ comments + 1 comments
Dengan Hormat
Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Seputar Mesin JetPerkenalkan kami PT. PURARI MITRA RAPUNZEL adalah perusahaan Jasa Customs Import, International Sea and Freight Forwarding, sekaligus Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.
Jika Bapak/Ibu ada kebutuhan untuk jasa handling import seperti :
1 . Jasa Handling Import Undername ( yang belum memilki izin import)
2 . Jasa Customs Clearance export – import
3 . Jasa Handling Import Borongan ( ALL-IN)
4 . Jasa pengurusan barang-barang yang terlanjur di import dan masih tertahan di area pabean
6. Trucking dan Domestic
Hubungi kami pada alamat dibawah ini
Regards
AAN TOMY
Email : aantomymdp@gmail.com
Hp/WA : 085215363324
PT.PURARI MITRA RAPUNZEL
international air & sea freight forwarders service cargo, export import ex work, sewa undername (consignee), customs clearance, service borongan (all-iin), transportasi alat berat dan PIB+EDI customs brokerage, consolidation, trucking dan untuk pengiriman domestics service seluruh lndonesia bisa kami handle.
PT. PURARI MITRA RAPUZEL
Jl. Raya Lapangan Tembak No. 3B
Cibubur Jakarta TimurB
Phone : 085215363324
(6221)877 3907.2282 2117
Aantomymdp@gmail.com
Post a Comment
Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.
Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..