Mastura Azzura Cara-Cara Pendinginan Bagi Mesin Listrik ~ Dunia Elektro

Wednesday, May 1, 2013

Cara-Cara Pendinginan Bagi Mesin Listrik

Posted by Aim on 11:03 AM with No comments

Semakin besar ukuran dari suatu mesin listrik, maka makin sulit pula untuk mendinginkan nya, karena luas permukaan yang menghasilkan panas harus dibuang secara kasar bertambah besar menurut kuadrat dari dimensinya, padahal disamping itu panas yang dihasilkan oleh rugi-rugi menutut pangkat tiga dari dimensinya. Ini lah masalah nya pada genetaror turbin besar, dimana ekonomi, persyaratan mekanis, pengangkutan dan pengangkatan, semuanya memerlukan yang ringkas , terutama pada cor-coran rotor nya.

Pada mesin listrik berukuran sedang diatas 1000 KVA biasanya digunakan sistem fentilasi tertutup, sistem yang agak rumit berupa bumbung-bumbung pendingin harus disediakan untuk menjamin bahwa media pendingin secara efektif akan memindahkan panas yang timbul dari rugi-rugi.

Umum nya pada generator turbin, digunakan hidrogen sebagai pendingin dalam sistem ventilasi yang sama sekali tertutup. Karena sifat Hidrogen sangat cocok untuk keperluan tersebut. Ada pun sifat-sifat nya antara lain:

  1. Kerapatan nya hanya 0,07 kali kerapatan udara pada suhu dan tekanan yang sama, dan karenanya rugi-rugi dari perilitan dan ventilasi jauh lebih kecil
  2. Panas spesifik pada berat yang sama adalah sekitar 15 kali dari udara. Berarti pada suhu dan tekanan yang sama hidrogen dan udara sama-sama efektif dalam kapasitas penyimpanan panas dengan konfeksi dorong antara bagian-bagian pasan pada mesin dan gas pendingin lebih besar denga hidrogen dari pada dengan udara.
  3. Umur dari isolasi bertambah besar dan biaya pemeliharaaan berkurang keran tidak adanya debu, kelembaman dan  oksigen.
  4. Bahaya api diperkecil, kerena suatu campuran hidrogen udara tidak akan meledak jika H2 yang dikandung adalah di atas 70%.

Hasil dari kedua sifat pertama adalah bahwa untuk keadaan kerja yang sama panas yang harus disisipkan harus berkurang dan sekaligus lebih mudah dilaksanakan.
Hal penting yang telah memungkinkan  hampir melipat duakan keluaran dari genetator turbin pendingin-hidrogen dengan ukuran fisis tertentu adalah pengembangan Pendinginan konduktor, yang juga disebut pendinginan dalam

Zat pendingin didorong melalui corong di dalam konduktor atau di dalam berkas konduktor, jadi hambatan panas yang terdapat pada isolator listrik akan terkurung , dan rugi-rugi dapat secara langsung diserap oleh zat pendingin. Sebagai media pendingin untuk konduktor rotor dipergunakan hidrogen.

Untuk konduktor stator, menggunakan pendingin gas maupun cair dan pada umum nya menggunakan hidrogen dan pada selanjutnya digunakan minyak transil atau air.

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..