Mastura Azzura Kejenuhan Magnit ~ Dunia Elektro

Friday, May 3, 2013

Kejenuhan Magnit

Posted by Aim on 12:58 AM with No comments

Mesin listrik sangat tergantung pada penggunaam magnit. Bahan magnit diperlukan dan digunakan oleh perencana mesin untuk memperoleh karakteristik tertentu yang diinginkan. Pada saat fluks magnetik membesar, makan mulai menjadi jenuh, sehingg permaebilitas magnit nya mulai berkurang dan jug afeketifitas nya dalam memberikan kerapatan fluks keseluruhan pada mesin.

Momen kakas elektromagnetik dan tegangan yang dibangkitkan pada semua mesin tergantung pada gandengan fluks lilitan. Fluks tergantung pada reluktansi dari bagian besi dari rangkaian magnit dan pada celah udara.

Dalam rangakaian magnit yang perlu untuk menangani kejenuhan dibrikan oleh rangkaian karakteristik terbuka yang  juga dinamankan kurva magnetik atau  kurva  kejenuhan.
Tegangan yang dibangkitkan oleh arus “armatur nol” besarnya berbanding langsung dengan fluks jika kecepatan tetap. Agar mudah digunakan, tegangan ujung rangkaian diplot pada koordinat bukan pada, bukan fluks celah udar tiap kutub, dan gambar keselurahan kurva adalah untuk kecepatan tetap tertentu, biasanya kecepatan ukurannya.

Tangen garis lurus pada kurva adalah garis celah udara, menunjukkan dengan hampir tepatnya agm yang diperlukan untuk mengatasi reluktansi dari celah udara. Jika tidak ada pengaruh kejenuhan, maka garis celah udara dan karakteristik rangkaian terbuka akan berhimpit, sehingga adanya penyimpanan kurva dari garis celah udara merupakan petunjuk adanya persentase kejenuhan.

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..