Mastura Azzura CDMA (Code Division Multiple Acces) ~ Dunia Elektro

Thursday, May 16, 2013

CDMA (Code Division Multiple Acces)

Posted by Aim on 8:41 AM with No comments

Pada CDMA sinyal dari semua kanal dipancarkan pada frekuensi dan waktu yang bersamaan. Untuk membedakan antara kanal satu dengan lainnya masing-masing kanal tersebut menggunakan kode-kode tertentu yang hanya akan dimengerti oleh tujuannya.

Secara umum CDMA terdiri dari dua macam FHSS (Frequency Hopping Spread Spectrum) dan DSSS (Direct Sequence Spread Spectrum). Pada FHSS masing-masing kanal menggunakan frekuensi yang selalu berubah-ubah dengan pola tertentu yang harus berlainan dengan pola lompatan frekuensi dari kanal lain. Sedangkan pada DSSS sinyal infromasi yang berbemntuk digital di dimodulasikan dengan sinyal digital pula yang mempunyai pola periodik sehingga menimbulkan pola sebaran pada spektrum frekuensi yang harus berlainan pula dengan pola sebaran dari kanal agar bisa dikenali oleh penerimanya.

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..