Mastura Azzura Masa Depan Pertambangan Di Bumi ~ Dunia Elektro

Monday, May 20, 2013

Masa Depan Pertambangan Di Bumi

Posted by Aim on 8:52 AM with No comments

Terus bertambahnya populasi manusia di Planet Bumi berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah kebutuhan terhadap produk-produk pertambangan. Masalahnya, Planet Bumi mustahil terus-menerus menyanggah ambisi manusia untuk memenuhi seluruh kebutuhan terhadap produk-produk pertambangan. Planet Bumi berkemampuan terbatas untuk memenuhi kian meningkatnya kebutuhan manusia terhadap pertambangan. Planet Bumi bakal kian hancur porak-poranda jika terus dibebani oleh ambisi manusia untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi pertambangan. Justru kini timbul keharusan untuk menghentikan dengan segera usaha-usaha pertambangan di seantero Planet Bumi.

Kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi pada kurun waktu mutakhir memungkinkan diberlakakunnya peta baru usaha-usaha pertambangan di luar wilayah Planet Bumi. Jika di masa lampau pertambangan di luar Planet Bumi dianggap sebagai imajinasi dan angan-angan belaka, maka kini dapat diwujudkan menjadi kenyataan. Itulah penambangan asteroid. Sebagai batu besar yang mengapung di angkasa luar, asteroid kaya bahan-bahan tambang. Sehingga dengan demikian, asteroid dapat ditetapkan sebagai area usaha pertambangan.
Profil asteroid
Pada tahun 2012, dunia ilmu pengetahuan diwarnai oleh mencuatnya pemberitaan seputar asteroid yang layak dijadikan areal pertambangan. Hampir tak ada yang membantah tesis, bahwa penambangan asteroid merupakan opsi atau pilihan yang relevan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan produk-produk pertambangan. Kehancuran yang mungkin timbul pada asteroid-asteroid tersebab pertambangan takkan mengganggu kehidupan umat manusia di Planet Bumi.
Sejauh yang dapat ditelisik oleh lembaga studi Asterank, Amerika Serikat, maka asteroid di sekitar Planet Bumi dan Tata Surya jumlahnya lebih dari 580.000. Asterank telah menyusun katalog ekonomi dan katalog ilmiah terhadap keberadaan asteroid-asteroid itu. 

Kategori-kategori dalam katalog itu mencakup keuntungan, efektivitas biaya, nilai dan aksesibilitas penambangan di asteroid. Data-daya Asterank untuk masing-masing asteroid juga mencakup Earth Minimum Orbit Intersect Distance (EMOID), Potentially Hazardous Object (PHO), serta deskripsi tipe masing-masing asteroid. Rencana-rencana penambangan di asteroid bisa mengacu pada katalog Asterank itu.
Dari data-data yang dirilis Asterank bisa diketahui 'profil' masing-masing asteroid. Misalnya, asteroid 253 Mathilde yang berdiameter 52,8 kilometer merupakan asteroid tipe C. Asteroid ini diidentifikasi bernilai US$ 100 trilyun kandungan bahan-bahan tambangnya. Sementara estimasi keuntungan jika dilakukan usaha pertambangan mencapai nilai US$ 9,53 trilyun. Contoh lain adalah asteroid 2000 MB19 yang lebarnya kurang dari 1 kilometer. Nilai pertambangan asteroid ini sekitar US$ 18,5 trilyun, dan estimasi keuntungan penambangan sebesar US$ 3,55 trilyun.
Masa depan
Tak pelak lagi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengondisikan usaha-usaha pertambangan di asteroid sebagai kegiatan ekonomi yang masuk akal. Artinya, ada aspek kemasukakalan jika manusia-manusia dari Planet Bumi datang mendarat di asteroid untuk melakukan usaha pertambangan. Tak mengherankan jika kemudian muncul korporasi yang secara khusus mempersiapkan kegiatan penambangan di asteroid. Korporasi tersebut adalah Planetary Resources Inc. yang berbasis di Washington DC., Amerika Serikat.
Dalam situs Planetary Resources Inc. antara lain tertulis: "Penambangan asteroid kini sudah bukan lagi sesuatu yang ambisius. Penambangan asteroid sudah bisa disetarakan dengan kegiatan penambangan di dasar laut. Penambangan asteroid tidak lebih gila dibandingkan dengan penambangan di dasar laut. Kesulitannya sudah terprediksikan dengan jelas."

Maka, marilah menyongsong masa depan pertambangan bersama asteroid. 
Berhentilah menambang Bumi. Berhentilah!

http://www.jubilee-jkt.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1421:masa-depan-pertambangan-ada-di-asteroid&catid=98:kosmologi&Itemid=150



Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..