Mastura Azzura Fluks Bocor ~ Dunia Elektro

Friday, May 3, 2013

Fluks Bocor

Posted by Aim on 1:06 AM with No comments

Pada suatu trasformator 2 lilitan, fluks yang dihasilkan oleh masing-masing lilitan dapat dipecah menjadi dua komponen yang  terdiri atas fluks yang hanya menggandengkan kedua lilitan, dan yang lain terdiri dari  fluks yang menggandengkan hanya lilitan yang menghasilkan fluks tersebut. 
Komponen yang pertama dinamakan fluks saling, bertugas untuk menggandeng kedua kumparan tersebut. Yang kedua dinamakan fluks bocor berperan hanya sebagai indukktansi diri dari masing-masing kumparan.

Konsep tentang fluks saling dan fluks bocor mempunya arti pada suatu sistem lilitan rangkap. Untuk sistem yang mempunya tiga atau lebih lilitan, perhitungan-perhitungannya harus dilakukan dengan hati-hati.
Mesin listrik terdiri atas sistem lilitan rangkap yang memrlukan perhitungan yang sangat teliti pada pembagian fluks yang berasal dari beberapa lilitan.

Fluks Harmonisa-Ruang Celah-Udara

Kumparan yang terbagi tunggal menghasilkan fluks celah udara dengan sejumlah besar harmonika ruang yang mungkin untuk membagi lilitan tersebut hingga komponen dasar ruang diperkuat, sedangkan efek harmonisa nya sangat dikurangi, akibatnya dapat mengabaikan efek harmonisa dan hanya memperhatikan fluks dasar ruang pada saat perhitungan rumus induktans- diri dan induktansi-saling

Fluks Bocor Celah

Fluks yang dihasilkan dari suatu sisi kumparan tunggal yang memotong celah udara dan meruapakan fluks celah udara terdapat juga fluks yang memotong celah. Karena fluks ini hanya menggandeng kumparan yang menghsilkanya dan juga membentuk suatu komponen induktansi bocor dari lilitan yang menghasilkannya.

Fluks Lilitan Ujung

Pembagian medan magnit yang dihasilkan oleh belitan ujung sangatlah rumit. Umum nya fluks tersebut tidak memberikan fluks-salling rotor-stator yang berguna, sehingga dipandang sebagai bahagian dari induksi bocor.

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..