Mastura Azzura Trafo Distribusi ~ Dunia Elektro

Thursday, May 16, 2013

Trafo Distribusi

Posted by Aim on 11:01 AM with No comments

Rangkaian sisi sekunder trafo distribusi terdiri dari
  1. Sistem distribusi satu fasa dengan dua kawat, Tipe ini merupakan bentuk dasar yang paling sederhana, biasanya digunakan untuk melayani penyalur daya berkapasitas kecil dengan jarak pendek. Contohnya pada daerah perumahan dan pedesaan.
  2. Sistem distribusi satu fasa dengan tiga kawat, prinsipnya sama dengan sistem distribusi DC dengan tiga kawat. Dalam hal ini terdapat dua alternatif besar tegangan. Sebagai saluran “netral” bila dihubungkan pada tengah belitan (center-tap) sisi sekunder trafo, dan ditanahkan, untuk tujuan pengamanan personil. Tipe ini untuk melayani penyalur daya berkapasitas kecil dengan jarak pendek. Contoh daerah perumahan dan pedesaan.
  3. Sistem distribusi tiga fasa empat kawat tegangan 120/240 Volt Tipe ini untuk melayani penyalur daya berkapasitas sedang dengan jarak pendek, yaitu daerah perumahan pedesaan dan perdagangan ringan, dimana terdapat dengan beban 3 fasa.
  4. Sistem distribusi tiga fasa empat kawat tegangan 120/208 Volt.
  5. Sistem distribusi tiga fasa dengan tiga kawat, Tipe ini banyak dikembangkan secara ekstensif. Dalam hal ini rangkaian tiga fasa sisi sekunder trafo dapat diperoleh dalam bentuk rangkaian delta (segitiga) ataupun rangkaian wye (star/bintang). Diperoleh dua alternatif besar tegangan, yang dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan adanya pembagian seimbang antara ketiga fasanya. Untuk rangkaian delta tegangannya bervariasi yaitu 240 Volt, dan 480 Volt. Tipe ini dipakai untuk melayani beban-beban industri atau perdagangan.
  6. Sistem distribusi tiga fasa dengan empat kawat, Pada tipe ini, sisi sekunder (output) trafo distribusi terhubung star,dimana saluran netral diambil dari titik bintangnya. Seperti halnya padasistem tiga fasa yang lain, di sini perlu diperhatikan keseimbangan beban antara ketiga fasanya, dan disini terdapat dua alternatif besar tegangan. 

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..