Mastura Azzura Gaya Magnet Pada Elemen Arus ~ Dunia Elektro

Monday, May 6, 2013

Gaya Magnet Pada Elemen Arus

Posted by Aim on 11:52 AM with No comments

     Suatu situasi yang sering dijumpai adalal dimana suatu penghantar yang dilalui arus berada didalam medan magnetik eksternal. karena  I = d Q / dt, persamaan gaya differensial gaya tersebut dapat dituliskan 

dF = dQ ( E x U ) = ( I dt ) ( U x B ) = I(dl x B )

dimana dl = U dt adalah elemen panjang dalam arah arus I.  Kalau penghantarnya lurus dan medan tersebut konstant sepanjang arusnya, maka gaya differensial tadi dapat diintegralkan dengann hasil



   Gaya magnetik sebenarnya bekerja pada elektron-elektron yang membuat arus I  tadi. Namun karen elektron terikat pada pengantar, makan gaya efektifnya terpindah kekiri sisi penghantar yang lebih besar. Gaya yang dipindahkan dapat melakukan usaha pada penghantar tersebut yang lebih berat. 

    Gaya yang dipindahkan dapat melakukan usaha pada penghantar tersebut secara keseluruhan , walau fakta ini merupakan pengantar yang memadai bagi perilaku perngahantar panas dalam mesin listrik, beberapa hal esensila telah dihilangkan. 

Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..