Mastura Azzura Pengujian Resistor ~ Dunia Elektro

Thursday, May 2, 2013

Pengujian Resistor

Posted by Aim on 7:50 AM with No comments

Pengujian resistor meliputi dua hal yakni pengecekan kondisi resitor tentang baik tidak nya komponen tersebut, dan pengukuran nilau tahanan. Pengukuran nya pun dapat dilakukan dengan melihat dan menghitung kode warna dan label nya, dan juga dengan cara menggunakan multitester.
Segala komponen yang diukur nilai nya tidaklah dialirin arus listrik, karena itu, pada saat pengukuran atau pengecekan nya, harus dikeluarkan dari sumber tegangan.
Jika pada saat pengukuran, jarum penunjuk berada pada angkat 0, maka nilai tahanan itu terlalu kecil, maka perlu diperhatikan saklar jangka harus pada posisi yang lebih kecil dari nilai tahanan yang akan diukur.
Langakah-langkah pengukuran resistor antara lain:
1.      Saklar harus berada pada posisi Ohm.
·                    Posisi x1 untuk mengukur nilai 1 ohm sampai 1000 ohm.
·                    Posisi  x10 untuk mengukur nilai 100 ohm sampai 10.000 ohm
·                    Posisi x k untuk mengukur nilai 1000 ohm sampai 1.000.000 ohm.
2.     Melakukan kalibrasi dengan menghubungkan masing-masing ujung kabel, dan kemudian menunjuk tepat pada angka 0 ohm, maka mengatur 0 ohm atau knop adjust diatur dengan memutarnya sampai jarum menunjuk angka 0
3.      Menempelkan masing-masing ujung colokan pada kaki-kaki resistor
Jika jarum nya menunjukkan nilai tertentu, makan resistor nya dalam keadaan baik, dan juga sebaliknya, jika tidak menunjuk suatu angka tertentu ataupun tidak mampu membaca nilainya. Nilai yang ditunjuk oleh jarum adalah besar dari nilai tahanan dari resistor tersebut.



Post a Comment

Jika ingin berkomentar, silahkan menggunakan kata-kata yang baku, berkomentarlah sesuai dengan tema yang dibahas. Dilarang untuk promosi dalam bentuk apapun, memaki atau hanya sekedar spam.

Terima Kasih Jika Anda bersedia mematuhi aturan dari admin..
Selamat menikmati..